Copyrights @ Journal 2014 - Designed By Templateism - SEO Plugin by MyBloggerLab

23.11.16

,

Film Indonesia Tayang Desember 2016

Share


Kalau Lebaran adalah "Summer Box Office"-nya Indonesia, maka periode akhir tahun adalah "Boxing Day" untuk perfilman Indonesia. Dan Desember ini, ada 10 film akhir tahun yang sangat menggugah selera. Apa saja mereka? Ini dia daftarnya.

1. Cinta Laki-Laki Biasa - 1 Desember 2016
Desember dibuka dengan sebuah film drama dari novel laris karya Asma Nadia. Sama seperti film-film Asma Nadia sebelumnya, dari trailer-nya kita bisa memprediksi bahwa Cinta Laki-Laki Biasa akan membuat penonton berderai air mata. Seorang wanita menikah dengan seorang pria yang dicintainya, tapi pernikahan mereka tidak disetujui orangtua sang wanita. Rumah tangga mereka kemudian mengalami ujian berat ketika sang wanita mengalami kecelakaan... dan amnesia. 



2. Terjebak Nostalgia - 1 Desember 2016
Seharusnya tayang pada bulan Februari 2016 kemarin, Terjebak Nostalgia akhirnya baru bisa tayang di bulan Desember ini. Berkisah tentang seorang wanita yang ingin bersatu kembali dengan kekasihnya, tapi kekasihnya malah pergi meninggalkannya tanpa alasan. Bodohnya, ia terjebak nostalgia dan masih ingin memperjuangkan cintanya. Padahal di hadapannya ada pria lain yang lebih tampan dan baik hati, yang adalah teman baiknya sendiri.



3. Senjakala di Manado - 1 Desember 2016
Tanpa aba-aba dan pemberitahuan sebelumnya, tau-tau film ini dijadwalkan tayang sebagai film pembuka Desember. Membawa semangat kedaerahan, film ini bercerita tentang seorang Ayah yang kembali untuk memperbaiki hubungannya dengan anaknya yang ditinggalnya selama 18 tahun, tapi sang anak malah merasa kehadiran Ayahnya menganggu hidupnya. Walau posternya terlihat butut sekali, tapi ternyata trailer-nya sangat menarik. Dan akting para pemainnya itu lho... terlihat meyakinkan.



4. Headshot - 8 Desember 2016
The Mo Brothers kembali setelah 3 tahun! Kali ini, mereka hadir bukan hanya dengan genre slasher/horror/thriller seperti film-film sebelumnya, tapi juga ada elemen action di dalamnya. Bercerita tentang seorang pria yang terbangun setelah koma berbulan-bulan, pelan-pelan ia mulai menemukan jati dirinya kembali. Masalahnya adalah, masa lalunya ternyata kelam dan mengancam kehidupan barunya yang terasa lebih aman dan tenteram.



5. Bulan Terbelah di Langit Amerika 2 - 8 Desember 2016
Film sensasional Bulan Terbelah di Langit Amerika melanjutkan ceritanya. Setelah tahun lalu mengeluarkan trailer yang sangat kontroversial, tahun ini mereka kembali melakukan hal yang sama. Namun, bukan hanya soal agama yang dibawa dalam edisi ke-2 ini, melainkan juga issue sejarah. Tidak main-main, Hanum dan Rangga harus menelusuri jejak harta karun pelaut Muslim Cina yang berlayar ke Amerika, jauh sebelum Christopher Colombus. Bukan tantangan yang mudah tentunya...



6. Surga yang tak Dirindukan 2 - 15 Desember 2016
Setelah menjadi pemuncak box office film Indonesia tahun lalu, sekuel dari Surga yang Tak Dirindukan kembali hadir. Meirose kembali datang ke kehidupan Pras dan Arini yang sudah harmonis lagi. Tapi herannya, bukannya marah, Arini malah meminta Meirose kembali menjadi istri Pras dan merawat anaknya. Apa yang terjadi sebenarnya? Dan mengapa surga itu tiba-tiba menjadi dirindukan sekarang?



7. Pasukan Garuda: I Leave My Heart in Lebanon - 15 Desember 2016
Sama seperti Senjakala di Manado, Pasukan Garuda: I Leave My Heart in Lebanon juga tau-tau muncul tanpa peringatan, seperti musuh yang menyerang dan pasukan belum memiliki persiapan (#apadah). Padahal, bisa dibilang kalau film ini adalah film besar. Bertema perang/militer, dan ingin menggambarkan Pasukan Perdamaian PBB yang tentunya membawa nama baik Indonesia. Tapi, kenapa tidak ada promo besar-besaran ya?

Pasukan Garuda: I Leave My Heart in Lebanon bercerita tentang seorang prajurit yang terpaksa meninggalkan kekasihnya untuk membela negara. Siapa sangka, di sana ia malah dekat dengan wanita setempat yang cantik dan baik hati. Sementara di tanah air, kekasihnya jadi galau karena jarang mendapat kabar, plus ia pun didekati pria lain yang lebih sukses dan bisa memberikan masa depan yang lebih pasti untuknya. Jadi, siapa yang akhirnya wanita itu pilih? Dan apakah sang prajurit akan kembali?



8. Hangout - 22 Desember 2016
Penggabungan horor dan komedi bukanlah hal baru dalam dunia film. Korea atau Thailand cukup sering melakukannya. Film Indonesia juga dulu sering melakukannya. Sekarang, setelah cukup lama, hadirlah sebuah film bergenre thriller/comedy dari tangan emas seorang Raditya Dika. Bercerita tentang 9 public figure yang diundang dengan iming-iming uang untuk datang ke sebuah acara misterius di tengah pulau terpencil. Siapa sangka, kematian mengintai mereka satu per satu. Siapakah pembunuhnya? Tidak ada yang tahu..

Jujur saja, ketika melihat teaser-nya, Hangout menjadi film pertama dari Raditya Dika yang membuat gue tertarik untuk menontonnya. Tapi setelah trailer-nya keluar, kok ya.... Saya jadi ragu lagi yaa.. Jadi, di bawah ini saya cantumkan teaser-nya saja ya..



9. The Professionals - 22 Desember 2016
Setelah vakum selama empat tahun, Affandi Abdul Rachman kembali menyutradarai film lagi! Kali ini, ia hadir dengan film bergenre action ala Hollywood bertema perampokan yang kayaknya hampir belum pernah ada di Indonesia sebelumnya. The Professionals bercerita tentang dua pengusaha yang saling mengadu strategi untuk menjatuhkan satu sama lainnya. Yang satu bermotif balas dendam, sementara yang lain tidak ingin bisnisnya hancur berantakan. Siapakah yang akan menang, ketika kemudian sekelompok perampok profesional juga terlibat di dalamnya?



10. Cek Toko Sebelah - 28 Desember 2016
Setelah mengejutkan dengan Ngenest yang begitu luar biasa tahun lalu, tahun ini Ernest Prakasa kembali menulis, menyutradarai, dan memerankan sendiri film keduanya yang berjudul Cek Toko Sebelah. Masih mengusung genre drama keluarga, kali ini Ernest bercerita tentang seorang Ayah yang sudah tua, ingin mewariskan tokonya ke anak kesayangannya yang ternyata adalah anak bungsunya. Namun, masalah muncul bukan saja karena anak bungsunya ini sudah memiliki karir yang mantap, tapi juga karena si anak sulung merasa dikhianati, padahal ia menganggap dirinya lebih perhatian terhadap Ayahnya. Jadi, siapa yang akhirnya menjadi pewaris toko sang Ayah?



Gue merasa positif banget dengan film akhir tahun ini. Semuanya terlihat menjanjikan. Prediksi gue, setidaknya 40% dari list ini akan menyelip masuk ke dalam jajaran box office 2016. So, film apa yang paling lo nanti-nantikan?

1 comments:

  1. masih nunggu cek toko sebelah ..

    udah nonton headshot kemarin, asik betul..

    setidaknya ekspektasi gak jatuh deh ..

    BalasHapus