Copyrights @ Journal 2014 - Designed By Templateism - SEO Plugin by MyBloggerLab

4.12.14

, , , , ,

COMING SOON - FILOSOFI KOPI (2015)

Share

Review baca di sini.

****************

Satu per satu buku Dewi Lestari difilmkan. Setelah Supernova, novel pertamanya yang akhirnya difilmkan tahun ini, tahun depan akan ada lagi novel di masa-masa awal karir kepenulisannya yang dituangkan ke layar lebar: Filosofi Kopi. 

Novel Filosofi Kopi sebenarnya adalah kumpulan cerpen, tapi yang difilmkan hanyalah segmen Filosofi Kopi saja. Ceritanya tentang Ben (Chicco Jerikho), seorang pecinta kopi yang membuka kedai kopi bersama sahabatnya, Jody (Rio Dewanto). Mereka menamai kedainya Filosofi Kopi. Bersama-sama, mereka merasakan jatuh bangunnya menjadi entrepreneur. Di novelnya sih ceritanya singkat sekali. Tapi kata Angga Sasongko (sutradara), ceritanya akan dikembangkan karena akan diputar sebagai feature film.

Ada yang menarik perhatian gue soal film Filosofi Kopi ini: their marketing effort, especially in digital. Mereka mengklaim sebagai the first user-generated Indonesian movie. Mereka membuat sebuah Android app yang mengajak orang biasa untuk berinteraksi dan berkontribusi dalam film ini. Mereka membuat #FilKopTrip bersama para aktornya, mereka mengajak user memilih gaya berpakaian pemeran utamanya, mereka membuat akun Tumblr sebagai blog karakter Estelle (Julie Estelle), mereka juga sangat aktif di sosial media (Twitter, Facebook, Instagram) dan selalu meng-update-nya dengan berbagai liputan kegiatan behind the scene-nya, mulai dari pelatihan Chicco Jerikho sebagai barista, press conference, sampai media visit. Social media contents-nya pun direncanakan dengan sangat baik, ada tema-tema tertentu yang diangkat tiap harinya. Campaign-nya menarik. Bisa jadi, karena salah satu produsernya adalah pakar digital marketing, makanya bisa sampai segininya. Karena jarang banget lho, ada film Indonesia yang dibikinin campaign digital sampai selengkap ini, dan dipromosiin dari jauh-jauh hari pula. Penasaran banget gimana impact-nya ke jumlah penontonnya nanti.


Menurut gue, selain karena strategi pemasarannya yang memang oke punya, film Filosofi Kopi ini potensial banget untuk jadi gede. Satu, karena ini adalah film yang dibuat dari novel Dewi Lestari. Dua, ngopi lagi jadi tren banget belakangan ini, dan barista bisa dibilang jadi salah satu profesi paling keren di kalangan anak muda saat ini. Tiga, film ini ada si ganteng Chicco Jerikho dan Rio Dewanto, serta si cantik Julie Estelle. Empat, film ini disutradarai oleh Angga Sasongko, yang ngga pernah gagal membuat film bagus. Kurang apa lagi?

Kurang cepat waktu tayangnya. #uhuk.

Jadi untuk sekarang, gue mau ngucapin good luck untuk seluruh tim Filosofi Kopi, semoga proses shooting-nya dilancarkan, semoga filmnya hasilnya bagus, semoga filmnya segera tayang, dan semoga filmnya bisa diterima dengan baik dan disukai oleh penonton film Indonesia nanti. Amiiinn.

Peace out for now, yo!


2 comments: