Copyrights @ Journal 2014 - Designed By Templateism - SEO Plugin by MyBloggerLab

15.9.14

, , , , , , , , , , ,

COMING SOON - GURU BANGSA: TJOKROAMINOTO

Share
Reza Rahadian nampaknya memang ditakdirkan menjadi pemain film-film besar. Setelah menokohkan Bapak B.J. Habibie di Habibie dan Ainun, serta baru saja menyelesaikan syuting Pendekar Tongkat Emas produksi Miles Films, kini Reza Rahadian sudah kembali ke arena syuting lagi untuk mempersiapkan film terbarunya yang berjudul Guru Bangsa: Tjokroaminoto, yang rencana tayang tahun depan.


Seperti yang sudah bisa ditebak dari judulnya, film ini berkisah tentang kisah hidup salah satu pahlawan Indonesia pada masa penjajahan, HOS Tjokroaminoto. Disutradarai oleh sutradara senior Garin Nugroho (Opera Jawa, Under The Tree, dll), film Tjokro mengisahkan perjuangan Tjokroaminoto melawan penjajahan dan menyamakan hak dan martabat masyarakat Indonesia yang terjajah pada masa itu.

Film Tjokro sendiri menjadi sedikit dari film Indonesia yang bercerita tentang zaman-zaman penjajahan, sekaligus membahas spesifik salah satu tokohnya saja. Beberapa di antaranya yang pernah ada sebelumnya seperti Soekarno: Indonesia Merdeka (2013), Sang Pencerah (2010), dan Tjoet Nja Dhien (1986). Dari press conference yang diselenggarakan 3 September 2014 lalu, Garin Nugroho mengatakan bahwa bertepatan dengan momen pemilu, film Tjokro diharapkan bisa menjadi media pembelajaran sejarah dan politik berbangsa yang bisa meningkatkan kesadaran masyarakat akan kondisi Indonesia, sekaligus untuk mengingat kontribusi pahlawan yang membawa Indonesia ke masa yang lebih mudah seperti sekarang ini.


Selain didukung penuh oleh Yayasan HOS Tjokroaminoto dan Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif serta Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan RI, film ini juga menggandeng rumah produksi Pic[k]Lock (Minggu Pagi di Victoria Park, Rayya: Cahaya di Atas Cahaya) untuk proses produksinya. Syutingnya sendiri sudah dimulai sejak awal bulan September dan akan menggunakan kota-kota bersejarah seperti Ambarawa, Semarang, dan Yogyakarta untuk menghidupkan kembali suasana kota lama, lengkap dengan trem dan mobil-mobil di masa itu. Patut ditunggu bagaimana hasilnya..


Film Guru Bangsa: Tjokroaminoto diproduksi oleh Christine Hakim, Didi Petet, Sabrang Mowo Damar Panuluh, dan Dewi Umaya, serta didukung pula oleh pemain-pemain berpengalaman lainnya, seperti Sudjiwo Tedjo (Tendangan Dari Langit, Semesta Mendukung), Maia Estianty (Kata Maaf Terakhir), Alex Komang (Surat Kecil Untuk Tuhan, 9 Summers 10 Autumns), Egi Fedly (Belenggu, 12 Menit), serta para pemain muda berbakat seperti Ibnu Jamil (Sebelum Pagi Terulang Kembali, Mari Lari), Christoffer Nelwan (5 Elang, Marmut Merah Jambu), Putri Ayudya, Deva Mahenra (Aku, Kau, & KUA), dan the up and rising star Chelsea Elizabeth Islan (Refrain, Street Society). 

Tunggu berita-berita selanjutnya soal film Guru Bangsa: Tjokroaminoto, hanya di www.ngobrolinfilm.com, dan ikuti juga proses syuting harian lewat akun Facebook, Twitter Film Tjokro, serta di www.tjokromovie.com!

All photos credit to Tjokro Movie.

0 comments:

Posting Komentar