Copyrights @ Journal 2014 - Designed By Templateism - SEO Plugin by MyBloggerLab

12.6.11

, , , , , , ,

[REVIEW] SERDADU KUMBANG - 16 JUNI 2011

Share
Produksi: Alenia Pictures
Sutradara: Ari Sihasale
Penulis: Jeremias Nyangoen
Pemain: Ririn Ekawati, Titi Sjuman, Putu Wijaya, Asrul Dahlan, Lukman Sardi, Surya Saputra, Monica Sayangbati

SINOPSIS
Amek, Acan, dan Umbe adalah tiga anak Sumbawa yang bersahabat. Meskipun mereka hidup dalam serba kesederhanaan dan kekurangan, namun mereka masing-masing punya cita-cita. Di antara mereka bertiga, hanya Amek yang tidak berani menyebutkan cita-citanya apa ketika ditanya oleh gurunya di sekolah. Ia memilih diam tanpa jawaban. 

Bukan tanpa alasan Amek melakukan hal tersebut. Amek yang memiliki bibir sumbing lebih memilih diam karena takut diejek karena ia sadar betul dengan kekurangannya. Amek sebenarnya adalah anak yang baik hanya dirinya saja yang memiliki sifat introvert, keras hati dan cenderung jahil hingga sering dihukum oleh guru-gurunya di sekolah. 

Berbeda dengan kakaknya, Minun yang menjadi kebanggaan sekolah, keluarga, dan masyarakat karena selalu juara kelas di SMP dan menjuarai lomba matematika se-kabupaten. Minun sangat menyayangi Amek yang sering diejek teman-temannya karena bibir sumbingnya. 

Namun yang paling terpenting bagi mereka semua adalah bagaimana caranya agar bisa lulus ujian nasional. Beruntung mereka punya seorang guru yang sangat baik hati mengajarkan mereka di luar jam pelajaran sekolah. Dengan gigih mereka belajar, belajar, dan terus belajar untuk menghadapi ujian yang kerap menjadi momok menakutkan bagi para pelajar Indonesia itu. Sampai pada hari yang menentukan pengumuman kelulusan pun tiba.

TRAILER


REVIEW

Sejujurnya, gue bukanlah penyuka film anak-anak, pun film-film produksi Alenia Pictures. Menurut gue, film-film yang dibuat Alenia biasanya kusam dan kelam. Tidak menarik, walau hampir semua film Alenia pasti dipuji banyak kalangan. Tapi entah mengapa, begitu melihat trailer Serdadu Kumbang ini, gue merasa ditarik untuk menontonnya. Mungkin karena musiknya yang sangat ceria, hangat, dan penuh cita-cita kali ya. Seperti filmnya. J

Ga perlu berpanjang-panjang, buat gue, Serdadu Kumbang adalah film Indonesia terbaik di 2011 sejauh ini. It gives you warmth in the heart, and smile on your face.

Wajib tonton untuk segala usia.

0 comments:

Posting Komentar