Copyrights @ Journal 2014 - Designed By Templateism - SEO Plugin by MyBloggerLab

2.1.11

[REVIEW] Kabayan Jadi Milyuner

Share

REVIEW
Kabayan kembali beraksi!

Setelah mulai difilmkan pada tahun 1975, Kabayan yang merupakan tokoh imajinatif masyarakat Sunda telah berulang kali bertransformasi. Mulai dari Kang Ibing, Didi Petet, hingga akhirnya Jamie Aditya. Bukan hanya Kabayan, tapi tokoh wanita pujaan hati Kabayan, Nyi Iteung, pun ikut bertransformasi - dan bahkan lebih banyak. Dari Lenny Marlina, Paramitha Rusady, Nike Ardilla, Desi Ratnasari, hingga sekarang tokoh ini diperankan oleh Rianti Cartwright.

Jujur, saya kayaknya ga pernah nonton film-film Kabayan sebelumnya, tapi saya tahu ketenaran tokoh Kabayan ini. Begitu dibuat kisah barunya, saya pun tidak terlalu bersemangat menonton film ini karena masih sedikit sarkastis dengan film ini, karena kalau dilihat dari posternya sepertinya hanya akan jadi film abal-abal belaka. Belum lagi keikutsertaan Aming dalam film ini, membuat saya semakin ragu untuk menontonnya. Tapi apa mau dikata, trailernya cukup menggugah hati saya untuk pergi dan menontonnya di bioskop.

Hal yang berulang kali terucap dari bibir saya adalah, "ih.. warna gambarnya cakepppp..." Ya, saya suka warna gambar yang dihasilkan entah kamera apa yang dipakai si Kabayan ini.

Ceritanya sendiri overall memang dibuat dengan tujuan untuk menghibur, tapi bukan hiburan yang maksimum. Penonton di bioskop bisa dibuat tertawa, tapi bukan tertawa terbahak-bahak.Bahkan, beberapa penampilan yang tampaknya ditujukan untuk membuat penonton tetawa pun tak berhasil, seperti penampilan konyol Melly Goeslaw contoh nyatanya.

Christian Sugiono tak disangka-sangka cukup berhasil memerankan tokoh menyebalkan yang benar-benar menyebalkan. Beberapa kali kebodohannya yang walaupun masih belum natural masih mampu membuat penonton tertawa. Pun Amink, yang tampil di luar dugaan, tidak membosankan seperti biasanya. Ia mampu mengeluarkan ekspresi-ekspresi lucu yang cukup fresh dan menghibur.

Sementara sang Kabayan dan Nyi Iteung juga tampil cukup baik, walau tidak istimewa. Dan sama seperti penampilan Christian Sugiono dan yang lainnya. Semuanya tampak serba tidak alamiah -- masih terlihat dibuat-buat.

Tiga aktor senior yang turut mendukung film ini, Kabayan lama, Didi Petet; aktris serba bisa, Meriam Bellina, dan Slamet Rahardjo, pun tampil baik dan menghibur. Bisa dikatakan, cukup terlihat perbedaan pengalaman antara mereka dan para aktor/aktris muda. Ketiga aktor/aktris senior ini mampu tampil cukup wajar dan tidak terlihat dibuat-buat, walau peran yang diberikan kepada mereka sangatlah sedikit.

Secara keseluruhan, Kabayan Jadi Milyuner tidak menutup tahun 2010 dengan manis, tapi mungkin cukup untuk menghibur kerinduan penonton yang sudah lama tak melihat Kabayan difilmkan lagi :) 

0 comments:

Posting Komentar