Copyrights @ Journal 2014 - Designed By Templateism - SEO Plugin by MyBloggerLab

1.7.10

,

[REVIEW] 3 Hati, 2 Dunia, 1 Cinta

Share




REVIEW

Sangat menunggu-nunggu film ini sejak melihat trailernya beberapa minggu lalu. Kebetulan libur, langsung lah saya membeli tiket jam pertama di bioskop terdekat. Penontonnya lumayan, hampir 20 orang.. Jelas jauh lebih banyak ketimbang waktu saya nonton MPdVP beberapa waktu yang lalu.

Saya sebetulnya sangat tertarik dengan cerita beda agama/suku seperti ini.. Ingin melihat bagaimana penggarapannya, dan tentu saja solusi akhir yang diberikan. Dua film bertema sama sebelumnya, CINtA (film pendek, Steven Facius) dan cin(T)a (Sammaria Simanjuntak) memberikan penyelesaian yang serupa tapi tak sama -- dua-duanya seolah menyatakan bahwa mereka tidak dapat bersatu karena perbedaan itu.

Bagaimana dengan film 3 Hati ini? Ah.. Lebih baik Anda menontonnya sendiri saja ya.. ;) 

Film ini bisa dikatakan sebagai versi paling ringan dari kisah cinta beda agama yang dibawakan dengan apik oleh Reza Rahadian (yang semakin mengukuhkan dirinya sebagai aktor top Indonesia -- dan menjadi aktor favorit saya tahun ini), Laura Basuki, dan Arumi Bachsin. Dialog-dialognya santai, tapi tetap serius ketika dituntut demikian. 

Yang membedakan film ini dari dua film sejenis sebelumnya adalah, film ini menunjukkan faktor lain yang harus dipertimbangkan di luar perasaan cinta mereka saja -- yaitu keluarga dan kesiapan psikologis diri mereka sendiri. Pesan nya terlihat, tapi tidak terkesan menasehati. Kata demi kata yang teruntai mengajak kita berpikir lebih dalam lagi.. Berpikir untuk tidak menjadi pribadi yang egois dan dibutakan oleh cinta semata. 

Selain itu, film ini juga kental akan sastra dan budaya. Dihiasi barisan puisi cinta alm. WS Rendra yang memperindah suasana, Reza Rahadian sebagai Rosyid pun membawakannya dengan penghayatan yang cukup mendalam, sehingga mungkin akan membangkitkan jiwa puitis para penonton.

Sisi lain selain perihal cerita; lagu pengiringnya sangatlah indah (in fact, inilah yang bikin gw jadi kesengsem banget pengen cepet-cepet nonton begitu liat trailernya). Tapi memang sih.. Bagian tengah film ini terasa agak membosankan, walau kemudian pace nya meningkat lagi di bagian akhir..

Pemeran pendukung yang cukup menarik perhatian adalah Henidar Amroe yang berperan sebagai ibunda Rosid. Hendiar yang biasanya tampil glamor bisa jadi tampak sangat sederhana dan... teduh, ketika memerankan peran ini. Sementara pemeran pendukung lainnya tidaklah terlalu istimewa, masih berakting seperti biasanya.

Harapan saya sih.. Semoga film ini laris di pasaran deh.. Karena kalo melihat statistik blog ini, film 3 Hati ini adalah film yang paling banyak dicari, dengan hits mencapai 50 per hari nya, dan sudah dimulai dari kira-kira dua minggu yang lalu.. ;)





Oh ya btw, rumahnya Laura Basuki di sini itu rumahnya Mbak Dedew di Tiran lohhh.. :p

10 comments:

  1. owh, nanya dong. apa seh judul lagu pas akhir2nya ocit dan delia nari di stage? butuh bangedh tuh lagunya. kalo gak salah ada lagu yang ngiringin mereka dansa kan.

    BalasHapus
  2. iyaaaaa..aku jg suka banget sama lagu ituu,lagu yang pas ocit dan delia nari d stage? dbls secepatnya yaaaahh..

    BalasHapus
  3. halo.. maaf balesnya agak lama, baru sempet online dari komputer lagi :)
    semestinya sih judul lagu pengiring dansa nya itu Ghaury - 3 Hati 2 Dunia 1 Cinta.. Saya coba cari2 dan yg nemu hanya itu.. :(

    BalasHapus
  4. itu lagunya ashilla, judulnya tentang kita

    BalasHapus
  5. ada Lagu yang iramanya sedikiit dangdut melayu siapa yang nyanyi ya?tx

    BalasHapus
  6. film ni bisa jadi referensi buat malam mingguan yang blum nonton,kyaknya DVD'y juga udah ad,,filmnya keren abis,,he

    BalasHapus
  7. Kira-kira ada film keduanya g ya.....bgus filmnya

    BalasHapus
  8. ada sandy ntar yang maen filmnya aq..wakakakakkkk

    BalasHapus